Tips Cor Beton

Tips Cor Beton

Tips Cor Beton

Tips Cor Beton, Sekarang ini konstruksi bangunan dengan konsep minimalis semakin banyak diminati. Kami aka bahas artikel dengan tips tentang cara menuangkan beton secara efektif.

Ciri utama bangunan berkonsep modern atau minimalis adalah strukturnya yang kokoh, bentuk yang sederhana dan kesan konstruksi yang kuat.

Untuk konstruksi ini, beton sering digunakan sebagai bahan utama. Hal ini karena beton memiliki sifat padat, dapat dibentuk sesuai kebutuhan konstruksi, dan prosesnya relatif sederhana.

Walaupun terlihat sederhana, namun penuangan beton yang salah dapat mempengaruhi kualitas akhir struktur beton. Jadi pastikan untuk mengikuti tips ini saat mengerjakan beton tuang.

Menentukan desain, struktur dan dimensi tuang beton.
Hal pertama yang harus diperhatikan dalam melakukan pekerjaan penuangan beton ini adalah persiapan. Sebelum Anda mulai menuangkan beton, pastikan Anda telah memikirkan desain dan tekstur beton yang Anda inginkan.

Perhatikan juga dimensi bagian yang akan dicor beton. Ini dapat membantu Anda menentukan jumlah beton yang dibutuhkan dan luas panel bekisting atau bekisting. Dengan cara ini resiko kekurangan atau kelebihan beton dapat dihindari.

Gunakan panel bekisting yang bagus

Selain jumlah dan luas bekisting atau papan bekisting, Anda juga harus memperhatikan sifat papan bekisting yang digunakan.

Panel bekisting yang baik tidak harus berupa panel baru, melainkan panel yang berkualitas. Pilih papan yang masih kuat, tidak retak atau rusak, dan permukaannya bersih.

 

Penggunaan pelat yang kotor berarti hasil konstruksi beton yang dituang dapat menjadi keropos.

Jangan lepaskan papan formulir terlalu dini
Setelah menuangkan beton ke dalam bekisting, biarkan beton benar-benar kering sebelum melepas bekisting. Beton yang tidak benar-benar kering tidak dapat menahan tegangannya sendiri dan dapat mengakibatkan hasil konstruksi yang kurang optimal. Untuk demoulding bekisting diperkirakan kurang lebih 30 hari setelah proses penuangan.

Baca Juga :   beton cor

Pastikan bentuknya terisi penuh.

Setelah beton dicor, sampai media beton terisi, jangan sampai cor beton langsung kering.

Pastikan bekisting terisi penuh dengan memukul panel bekisting beberapa kali dengan palu. Jika pengecoran dilakukan dalam skala besar, gunakan mesin getar.

Hal ini untuk menghindari adanya rongga-rongga pada beton yang dituang, yang dapat mempengaruhi kualitas hasil konstruksi beton.

Bersihkan beton yang tersisa sesegera mungkin.

Dengan mengisi media cetakan dengan beton tuang dan meratakan permukaan beton, sisa beton cor berserakan di luar cetakan.

Sesegera mungkin bersihkan sisa coran beton setelah memadatkan dan meratakan coran. Karena sisa beton yang dituang mengering dan sulit dibersihkan.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti saat bekerja dengan beton tuang agar bekerja lebih efektif.

Selain pekerjaan dan proses persiapan, pemilihan produk beton yang digunakan juga sangat berpengaruh terhadap hasil konstruksi beton.

Pastikan untuk menggunakan produk beton berkualitas baik. Pilih salah satu yang dapat menciptakan struktur beton yang lebih kuat dan tahan lama.

Rate this post